PENGARUH BEBERAPA FAKTOR GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 14 SAMARINDA
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Penelitian ini berfokus pada gaya mengajar guru. Gaya mengajar guru sendiri terbagi lagi menjadi empat yaitu gaya mengajar klasikal, gaya mengajar teknologis, gaya mengajar personalisasi, dan gaya mengajar interaksional. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa serta gaya mengajar guru mana yang lebih dominan di SMP Negeri 14 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunalan metode analisis linier berganda. Penelitian ini dilakukan di SMPN 14 Samarinda dengan jumlah populasi 239 dan sampel sebesar 150 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan kuisioner dan wawancara. Secara terpisah (parsial) diperoleh hasil uji t sig. gaya mengajar klasikal (X1) sebesar 0,267 > sig. 0,05, nilai sig. gaya mengajar teknologis (X2) 0,372 > sig. 0,05, nilai sig. gaya mengajar personalisasi (X3) 0,001 < sig.0,05, dan nilai sig. gaya mengajar interaksional 0,065 > sig. 0,05 Artinya secara parsial hanya variabel gaya mengajar personalisasi yang berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hasil uji f diperoleh data nilai f hitung 48,866 > f tabel 2,433 dengan tingkat sig. 0,000 < 0,05 yang artinya variabel bebas dalam penelitian ini secara simultan memiliki pengaruh terhadap variabel tetap dalam penelitian ini.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH BEBERAPA FAKTOR GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 14 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Tyas Kartika Dewi - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI TYA p 2022 |
Subyek | Minat Belajar Gaya Mengajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY