Pengaruh Penggunaan Media Evaluasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 2 Samarinda Pada Materi Larutan Asam dan Basa
Quizizz merupakan sebuah web tool yang dimanfaatkan sebagai media evaluasi penilaian formatif dalam pembelajaran. Penggunaan quizizz cukup mudah yang dapat meningkatkan semangat dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media evaluasi quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN 2 Samarinda pada materi larutan asam dan basa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment design) dengan desain penelitian posttests only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan tenik cluster random sampling. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media quizizz dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media quizizz. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji F dan uji t independent sample T Tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ratarata hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 79 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 76. Hasil analisis uji normalitas, uji F dan uji t independent sample T Test setelah perlakuan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan media evaluasi quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN 2 Samarinda pada materi larutan asam dan basa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Penggunaan Media Evaluasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 2 Samarinda Pada Materi Larutan Asam dan Basa |
---|---|
Pengarang | RISMAWATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIS p 2022 |
Subyek | Hasil Belajar Media Evaluasi Larutan Asam dan Basa |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | pendidikan kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY