PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL SEJATI DI BALIKPAPAN
Bauran pemasaran penting bagi perusahaan yang ingin meningkatkan penjualan produk atau jasa. Hotel Sejati di Balikpapan merupakan salah satu industri perhotelan yang sangat bergantung kepada penjualan kamar hotel untuk dapat meningkatkan pelayanan jasa selain untuk meraih keuntungan. Namun demikian, bauran pemasaran jasa pada Hotel Sejati di Balikpapan dirasa masih belum maksimal akibat rendahnya tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Hotel Sejati di Balikpapan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, dan bukti fisik, sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan konsumen. Populasi pada penelitian ini merupakan konsumen yang akan menginap dan pernah menggunakan jasa Hotel Sejati di Balikpapan. Oleh karena itu, maka dilakukan pengambilan sampel buat penelitian ini. Sampel pada penelitian ini yaitu 100 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan menggunakan non probability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan bukti fisik (X7) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen (Y). Pengujian hipotesis secara keseluruhan (Uji F) membuktikan hipotesis berpengaruh dan signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen secara bersama-sama diterima (H0 ditolak dan Ha diterima). Hasil pengujian dengan Uji t diketahui bahwa variabel orang merupakan variabel yang paling signifikan dan memiliki pengaruh yang positif terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Hotel Sejati di Balikpapan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL SEJATI DI BALIKPAPAN |
---|---|
Pengarang | MARISA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MAR p 2022 |
Subyek | Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Bisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY