Detail Cantuman Kembali
Mega Silvia Dewi - Personal Name

Degradasi Zat Warna Methylene Blue Menggunakan Nanopartikel Perak Dengan Bioreduktor Dari Ekstrak Kulit Batang Cempedak (Artocarpus champeden (Lour.) Stokes.)

Degradasi zat warna methylene blue menggunakan nanopartikel perak dengan bioreduktor dari ekstark kulit batang Cempedak (Artocarpus champeden (Lour.) Stokes.) telah dilakukan. Tahapan pada penelitian ini dilakukan dengan larutan AgNO3 1,5 mM direaksikan dengan bioreduktor berupa ekstrak kulit batang cempedak dan bantuan gelombang mikro dengan variasi waktu selama 7, 10, 12, 15, 18, 20 dan 22 menit, lalu dikarakterisasi menggunakan instrument Spektrofotometer UV-Vis, Particle Size Analizer (PSA) dan Transmission Electron Microscope (TEM). Hasil analisis menggunakan Spektrofotometer UVVis menunjukkan nanopartikel perak dengan kondisi paling stabil yaitu pada sintesis selama 22 menit dan dapat stabil selama 7 hari. Pada hasil analisis PSA didapatkan ukuran partikel sebesar 68,9 nm. Pada hasil analisa TEM menunjukkan bahwa morfologi partikel berbentuk bulat dan cenderung kurang seragam. Hasil pengujian degradasi zat warna menunjukkan bahwa dengan bantuan gelombang mikro, 8% (v/v) nanopartikel perak mampu mendegradasi 5 ppm methylene blue dengan waktu 30 detik dengan persen degradasi sebesar 93,62%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Degradasi Zat Warna Methylene Blue Menggunakan Nanopartikel Perak Dengan Bioreduktor Dari Ekstrak Kulit Batang Cempedak (Artocarpus champeden (Lour.) Stokes.)
Pengarang Mega Silvia Dewi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MEG d 2022
Subyek Nanopartikel Perak, Bioreduktor, Methylene Blue,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua