PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP GROUP DAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI KIMIA UNSUR
Whatsapp Group dan Google Classroom merupakan salah satu media pembelajaran daring yang sering digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan pada pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp Group dan Goggle Classroom pada materi kimia unsur di kelas XII MIPA SMA Negeri 11 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain postest only non-equivalent group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 11 Samarinda. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kimia siswa adalah soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas yang menggunakan Whatsaap Group yaitu 70,83 lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan Google Classroom yaitu 63,52. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp Group dan Google Classroom pada materi kimia unsur di kelas XII MIPA SMA Negeri 11 Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP GROUP DAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI KIMIA UNSUR |
---|---|
Pengarang | Aldian Noor - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ALD p 2022 |
Subyek | Hasil Belajar Media Pembelajaran Pembelajaran Daring Kimia Unsur |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan MIPA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY