PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER DAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRP) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA DIKELAS VIII SMP NEGERI 21 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN
Deti Andika. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MURDER dan Model Pembelajaran Aktif Tipe Practice Rehearsal Pairs (PRP) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Dikelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda Tahun Pembelajaran 2014/2015, Skripsi program studi pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman, dibawah bimbingan ibu Makrina Tindangen, selaku pembimbing I dan Ibu Sonja V.T.Lumowa, selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dan model pembelajaran aktif Tipe Practice Rehearsal Pairs (PRP) terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah siswa mampu menguasai mata pelajaran IPA Biologi. Meningatkan hasil belajarnya serta guru dapat menerapkan metode pengajaran yang tepat guna meningkatkan hasil belajar sains.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda sebanyak 251 siswa yang terbagi atas delapan kelas. Pengambilan sampel MURDER dan Practice Rehearsal pairs (PRP) dilakukan dengan cara Purposive Sampling dengan kelas VIII-B dan VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-H sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas 25 siswa. Dalam penelitian ini terdiri dari 6 pertemuan, dimana pertemuan 1 dan 6 merupakan pretest dan posttest, pertemuan ke 2 dan 5 adalah kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai posttest yang diperoleh siswa pada kelas VIII-B (MURDER) mencapai 83,28, VIII-D (Practice Rehearsal Pairs) mencapai 83,12 untuk kelas kontrol VIII-H mencapai 76,72.
Hasil uji Anova dengan Fhitung (6.03) > Ftabel (3,13), ɑ 0,05 menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe MURDER dan model pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model kooperatif tipe MURDER dan model pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs. Penggunaan menggunakan model kooperatif tipe MURDER dan model pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah cukup efektif pada penelitian ini, penggunaan menggunakan model kooperatif tipe MURDER dan model pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa
Kata Kunci : Penggunaan model kooperatif tipe MURDER dan model pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs, Hasil Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER DAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRP) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA DIKELAS VIII SMP NEGERI 21 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN |
---|---|
Pengarang | DETI ANDIKA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY