Detail Cantuman Kembali
Febry Dwiyanti - Personal Name

Uji Jamur Endofit Trichoderma sp, Gliocladium sp, Dan Aspergillus flavus Terhadap Jamur Patogen Penyebab Penyakit Pada Tanaman Porang (Amorphopallus Muelleri Blume)

Penelitian bertujuan untuk mengetahui penyakit penting tanaman porang dan penyebab nya, serta jamur-jamur endofit pada tanaman porang Amorphorpallus muelleri Blume dan potensinya sebagai agens pengendali hayati Lokasi Pengambilan sampel di kebun percobaan Fakultas Pertanian Fakultas pertanian, Universitas Mulawarman, Desa Karang Tunggal, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara,Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Hama Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.
Kegiatan dilaboratorium meliputi isolasi, identifikasi dan uji daya antagonis menggunakan tanaman porang sehat untuk memperoleh jamur endofit dan tanaman porang sakit yang menimbulkan gejala untuk memperoleh cendawan patogen. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jamur endofit yang terisolasi pada tanaman porang dari lokasi penelitian di Kebun Percobaan Teluk Dalam Kecamatan tenggarong sebrang, Kabupaten Kutai Kartanegara,Provinsi Kalimantan Timur Fakultas pertanian Universitas Mulawarman. terdapat 3 jenis yaitu: Gliocladium sp., Trichoderma dan A. flavus., sedangkan jamur patogen yang ditemukan menyerang tanaman porang yaitu Fusarium sp. dan Colletotrichum sp. Berdasarkan hasil uji antagonis secara in-vitro bahwa ketiga jamur endofit terhadap dua cendawan patogen memiliki besaran hambatan Fusarium sp x Jamur endofit dengan rata-rata 42,58% dan besaran hambatan Colletotrichum sp x Jamur endofit dengan rata-rata 40,05%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Uji Jamur Endofit Trichoderma sp, Gliocladium sp, Dan Aspergillus flavus Terhadap Jamur Patogen Penyebab Penyakit Pada Tanaman Porang (Amorphopallus Muelleri Blume)
Pengarang Febry Dwiyanti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FEB u 2022
Subyek Jamur Endofit,
Penyakit Porang
porang,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua