Detail Cantuman Kembali

Identifikasi Jamur Penyebab Penyakit Dan Intensitas Serangannya Pada Tanaman Jagung Ketan (Zea mays ceratina)

Jagung ketan (Zea mays ceratina) merupakan salah satu komoditas pangan yang bernilai ekonomi dan memiliki potensi sebagi sumber program diversifikasi pangan masyarakat dan bahan industri. Kendala utama pada hasil jagung ketan yang dihadapi yaitu Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). OPT yang menyebabkan penurunan produksi salah satunya adalah penyakit. Identifikasi penyakit pada tanaman jagung ketan ini merupakan proses melakukan pemeriksaan gejala-gejala yang ada pada jagung ketan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jamur patogen penyebab penyakit pada lahan pertanian jagung ketan yang intensif dan non intensif dan menghitung intensitas serangan pada tanaman jagung ketan.
Pengamatan di lapangan dilakukan dengan menghitung intensitas serangan penyakit dengan lokasi pengambilan sampel di dua lahan milik petani yaitu Kecamatan Tenggarong Seberang dan Kecamatan Palaran.
Hasil identifikasi jamur penyebab penyakit yang dilakukan di Laboratorium Ilmu Hama Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman menunjukkan bahwa terdapat penyakit bercak daun yang disebabkan oleh jamur Bipolaris maydis, karat daun disebabkan oleh jamur Puccinia polysora, dan busuk pelepah disebabkan jamur Rhizoctonia solani. Intensitas serangan penyakit pada tanaman jagung ketan dengan perlakuan secara intensif dan non intensif dilihat dari hasil analisis uji t dua rata-rata memiliki nilai berbeda, dengan keparahan intensitas penyakit terendah berada di lahan pertanian yang intensif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Identifikasi Jamur Penyebab Penyakit Dan Intensitas Serangannya Pada Tanaman Jagung Ketan (Zea mays ceratina)
Pengarang Asmarani Aurianti Pradini - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ASM i 2022
Subyek Jagung Ketan
Jamur Patogen
Intensitas Penyakit
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua