Detail Cantuman Kembali
NURBAYA - Personal Name

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 006 MUARA BADAK

ABSTRAK

Nurbaya. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Mencari Pasangan (Make a Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 006 Muara Badak. (Dibimbing oleh Drs. Eddy Subandrijo, M.Pd selaku Pembimbing I dan Drs. Richart Singal, M Si selaku pembimbing II).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran mencari pasangan (Make a match).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 006 Muara Badak semester I tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 37 orang. Data diperoleh melalui observasi selama proses pembelajaran berlangsung, pemberian tugas dan tes hasil belajar yang diberikan setiap akhir pertemuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Siklus I dan II terdiri dari dua kali pertemuan, dan pada setiap akhir pertemuan dilakukan tes akhir hasil belajar. Soal tes hasil belajar pada setiap siklus berbentuk uraian. Nilai hasil belajar diperoleh dengan menganalisis data berupa nilai tugas dan nilai tes hasil belajar tiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yaitu dari nilai rata-rata pada pokok bahasan sebelumnya (pra siklus) dijadikan sebagai nilai dasar pada siklus I, yaitu 59.90 menjadi 65.29 dengan kriteria cukup. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 65.29 menjadi 70.18 dengan kriteria baik. Aktivitas guru pada siklus I dan II dinilai baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dinilai cukup, siklus II dinilai baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran mencari pasangan (Make a match), hasil belajar IPA siswa pada pokok bahasan Perubahan Benda kelas V SD Negeri 006 Muara Badak mengalami peningkatan.
Kata-kata kunci : Mencari pasangan (make a match), Hasil Belajar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 006 MUARA BADAK
Pengarang NURBAYA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2010
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua