Analisis Pemasaran Ikan Patin Siam (Pangasius hypophtalmus) Pada Kelompok Usaha Bersama Karya Keluarga Di Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda
Tujuan penelitian untuk mengetahui saluran pemasaran, margin, keuntungan pemasaran, farmer’s share, dan fungsi pemasaran ikan patin siam (Pangasius hypophtalmus) di Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda. Penelitian dilaksanakan sejak Oktober 2021 sampai dengan September 2022 pada Kelompok Usaha Bersama Karya Keluarga di Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ialah sebanyak 10 orang nelayan anggota Kelompok Usaha Bersama Karya Keluarga dan 2 orang pedagang perantara ikan patin siam. Metode pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran ikan patin siam yang terbentuk di Kelurahan Sungai Kapih hanya terdiri dari satu pola saluran pemasaran yakni saluran pemasaran tingkat dua (2) yang terdiri dari nelayan, pengumpul lokal dan pengecer. Total margin pemasaran yang diperoleh sebesar Rp 15.000/kg. Total keuntungan pemasaran yang diperoleh sebesar Rp 12.910,87/kg. Nilai farmer’s share yang diperoleh yaitu sebesar 70% tergolong sebagai pemasaran yang efisien. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilangsungkan oleh setiap lembaga pemasaran adalah fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Pemasaran Ikan Patin Siam (Pangasius hypophtalmus) Pada Kelompok Usaha Bersama Karya Keluarga Di Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda |
---|---|
Pengarang | Alif Firdaus - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ALI a 2022 |
Subyek | Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer’s Share, Fungsi Pemasaran Ikan Patin Siam, Sungai Kapih |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | |
Jurusan | Sosial Ekonomi Perikanan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY