Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning terhadap Hasil dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA MAN Bontang
Karmila, 2022. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA MAN Bontang. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Herliani, M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. H. Jailani, M.Si selaku pembimbing II.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil dan minat belajar bagi siswa setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PJBL) di Kelas XI MIPA MAN Bontang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah quasi experimental design dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan ialah kelas XI IPA berjumlah 61 siswa yang tersebar dalam 3 kelas yaitu 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test hasil dan minat belajar nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 pada kedua kelas eksperimen. sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap hasil dan minat belajar peserta didik XI IPA, sedangkan pada kedua kelas eksperimen tidak ada perbedaan yang signifikan. Artinya kedua model dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa. Hasil analisis data uji paired sample t-test hasil dan minat belajar sebelum perlakuan dan setelah perlakuan pada kelas eksperimen menunjukan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap hasil dan minat belajar peserta didik XI IPA.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning terhadap Hasil dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA MAN Bontang |
---|---|
Pengarang | KARMILA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI KAR p 2022 |
Subyek | Model Pembelajaran Problem Based Learning Minat Belajar Hasil Belajar Project Based Learning |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY