Pengaruh Blended Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Pada Materi Gelombang Dan Bunyi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh blended learning berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif peserta didik SMP pada materi gelombang dan bunyi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pra- exsperimental designs yang bersifat One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 peserta didik dari kelas VIII-10 SMP Negeri 4 Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 24 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan blended learning dengan berbantuan video pembelajaran memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik hal tersebut dibuktikan dengan peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar pengetahuan kognitif selama pembelajaran 3 pertemuan dengan perolehan N-Gain dari rata-rata pretest dan posttest adalah 0,61 yang lebih dari 0,30 dan kurang dari 0,70 sehingga peningkatan hasil belajar peserta didik termasuk dalam kategori sedang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Blended Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Pada Materi Gelombang Dan Bunyi |
---|---|
Pengarang | Nita Rananda - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NIT p 2022 |
Subyek | Hasil Belajar Blended Learning video pembelajaran |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY