Detail Cantuman Kembali
Yulianto Hadi - Personal Name

Pertumbuhan dan hasil galur f4 silang puncak pandan ungu /kambang/roti berdasarkan karakter agronomi

YULIANTO HADI. Pertumbuhan dan Hasil Galur F4 Silang Puncak Pandan Ungu/Kambang//Roti Berdasarkan Karakter Agronomi. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2022 ( dibawah bimbingan Rusdiansyah dan Sadaruddin ).
Tanaman padi merupakan tanaman pangan yang sangat penting dan telah menjadi makanan pokok dari sebagian besar penduduk diindonesia. Nilai heretabilitas sangat penting dalam kegiatan seleksi, semakin tinggi nilai heretabilitas maka akan semakin mudah dalam melakukan seleksi yang berarti kerakternya dipengaruhi oleh faktor genetik
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penampilan karakter agrononi tanaman padi f4 PU/K//R dan pengaruh faktor lingkungan terhadap karakter agronomi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2021 sampai dengan bulan Oktober 2021, bertempat di lahan sawah tadah hujan Desa Karang Tunggal, Kecamatan Tenggarong Sebrang, Kutai Kartanegara. Penelitian disusun dalam Rancangan Acak Kelompok dengan 3 ulangan menggunakan 24 galur dari persilangan F4 hasil silang puncak dengan parameter pengamatan yaitu tinggi tanaman umur 30 hst, 60 hst dan menjelang panen, jumlah anakan, panjang malai, jumlah gabah perumpun, jumlah gabah total, jumlah gabah isi per malai, Berat 1000 butir, berat gabah per rumpun dan umur panen. Data yang diperoleh dianalisis ragam (uji Fisher) pada taraf 5% dan apabila ada pengaruh yang nyata dilanjutkan dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) atau Uji Jarak Berganda Duncan dengan taraf 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan penampilan karakter agronomi tanaman padi galur f4 silang puncak PU/K//R Berdasarkan nilai heretabilitas karakter yang diamati digunakan 2 karakter seleksi yaitu tinggi tanaman saat panen dan jumlah anakan produktif. Berdasarkan karakter seleksi tersebut dapat diperoleh 13 galur yang dapat untuk diseleksi lanjut yaitu 52, 65, 147, 202, 214, 221, 223, 257, 286, 294, 307, 308.

Kata Kunci : Pertumbuhan dan Hasil, Padi Galur F4, Silang Puncak, Heretabilitas

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pertumbuhan dan hasil galur f4 silang puncak pandan ungu /kambang/roti berdasarkan karakter agronomi
Pengarang Yulianto Hadi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUL p 2022
Subyek Pertumbuhan dan Hasil, Padi Galur F4
Silang Puncak, Heretabilitas
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua