Detail Cantuman Kembali
HERLIZAWATY HASUGIAN - Personal Name

STUDI TENTANG PERKAWINAN SILANG ANTAR SUKU BATAK-JAWA-TORAJA (STUDI KASUS DI KECAMATAN TANJUNG REDEB, KABUPATEN BERAU)

Herlizawaty Hasugian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Studi tentang perkawinan silang antar suku batak- jawa-toraja, Dibawahbimbingan Bapak Prof. Dr. A. Hardoko., M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Dr.H. Asnar., M.Si selaku Pembimbing II.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik dan prosesi budaya serta adat dalam perkawinan silang antar suku Batak-Jawa-Toraja (Studi Kasus Di Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau)
Jenis Penelitian yang digunakan Deskriptif Kualitatif, Penelitian ini berfokus pada sifat budaya adat, ciri khas budaya dan adat, Prosesi adat perkawinan silang dalam Studi tentang perkawinan silang antar suku batak- jawa-toraja (Studi Kasus Di Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau). Teknik pelaksanaan penelitian yaitu Obervasi, Wawancara, dan Dokumentasi, sumber data penelitian yaitu sumber data primer 6 orang (2 orang suku batak-jawa, 2 orang suku batak-toraja, 2 orang toraja- jawa). sedangkan analisis data terdiri dari observasi, pengumpulan data, refleksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian Studi tentang perkawinan silang antar suku batak-jawa- toraja (Studi Kasus Di Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau), bahwa sifat budaya adat dalam sebuah pernikahan tentunya memiliki tantangan yang besar karna setiap suku memiliki sifat berbeda dan sangat sulit untuk menyatu, ciri khas suatu budaya tentunya berbeda satu dengan yang lain ada suku yang menampilkan dengan otentik keunikan suku tersebut, dan dalam prosesi perkawinan adat silang sudah tersusun sedemikan rupa agar setiap prosesi adat bisang berlangsung tetapi ada beberapa prosesi yang tidak dilangsungkan bersamaan atau mengatur waktu kembali untuk melangsungkan prosesi itu.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG PERKAWINAN SILANG ANTAR SUKU BATAK-JAWA-TORAJA (STUDI KASUS DI KECAMATAN TANJUNG REDEB, KABUPATEN BERAU)
Pengarang HERLIZAWATY HASUGIAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HER s 2022
Subyek Perkawinan, Suku, Perkawinan campur
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua