Identifikasi Faktor-faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 002 Palaran
Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 002 Palaran Tahun Pembelajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini faktor-faktor apa saja yang menghambat siswa dalam pembelajaran membaca permulaan kelas I SD Negeri 002 dan bagaimana solusi dalam mengatasi faktor-faktor yang menghambat siswa dalam pembelajaran membaca permulaan kelas I SD Negeri 002 Palaran. Maka tujuan penelitian ini
untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 002 Palaran tahun pembelajaran 2021/2022 dan untuk mengetahui bagaimana solusi dalam mengatasi faktor-faktor yang menghambat siswa dalam pembelajaran membaca permulaan kelas I SD Negeri 002 Palaran. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas I SD Negeri 002 Palaran yang berjumlah 22 siswa dan objek penelitian ini adalah melihat hasil belajar membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 002 Palaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian observasi dan wawancara kepada guru dan orang tua siswa bahwa pada siswa kelas I dari 22 siswa 4 anak yang mengalami kesulitan membaca permulaan dan 18 anak memiliki kemampuan membaca permulaan yang cukup baik. faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 002 Palaran tahun pembelajaran 2021/2022 yang ada pada kategori tinggi yaitu faktor keluarga (faktor internal) dan faktor psikologis (faktor eksternal). Solusi untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan yaitu, menggunakan media pembelajaran yang aktif, meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi anak yang kesulitan membaca, jangan pernah menyalahkan anak atas kondisi yang dialaminya, dan memberikanprogram khusus membaca remedial.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Identifikasi Faktor-faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 002 Palaran |
---|---|
Pengarang | FIKIH ISLAMIATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FIK i 2022 |
Subyek | Identifikasi, Faktor Penghambat, Pembelajaran Membaca Permulaan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY