PENERAPAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PADA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD MULTI TALENTA SAMARINDA
Penelitian ini penerapan keterampilan dasar mengajar pada guru dalam pembelajaran bahasa indonesia. Guru yang profesiaonal harus memiliki kompetensi untuk melakukan tugas pendidikan dan pengajaran, guru mampu mengusai keterampilan dasar mengajar karena menentukan kualitas pembelajaran. Terdapat 6 keterampilan dasar mengajar yang di anggap sangat berperan dalam keberhasilan belajar mengajar, yaitu keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan keterampilan membimbing diskusi. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk deskriftif subjek dalam penelitian ini yaitu guru di SD Multi Talenta Samarinda pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan keterampilan dasar menagajar pada guru dalam pembelajaran bahasa indoneisa di SD Multi Talenta Samarinda yaitu: Penerapan keterampilan dasar mengajar pada guru yaitu perlu adanya pendekatan antara guru dan siswa, guru juga harus dapat membangkitkan semangat dan motivasi siswa, guru harus mempunyai jiwa yang kreatif, guru juga mempunyai gaya variasi dalam mengajar, kegiatan yang merujuk pada perubahan prilaku siswa dan guru juga harus mempunyai sikap toleransi yang dapat membimbing siswa memiliki rasa saling menghargai dalam suatu pendapat orang lain. Faktor pendukung dan penghambat penerapan keterampilan dasar mengajar pada guru yaitu faktor pendukung terdapat faktor internal dari orang tua siswa dimana keluarga menjadi peran utama dalam anak berinteraksi dengan ayah, ibu, kakak dan adiknya oleh karena itu orang tua memegang peranan penting untuk mengorganisir kondisi di keluarga untuk menunjang prestasi belajar anak karena waktu belajar anak lebih lama bersama orang tua di rumah.Faktor penghambat keteramapilan dasar mengajar ialah faktor dari guru yang belum optimal dan sarana prasarana, maka dari guru perlu dibekali kemampuandan keterampilan yang dapat mendukung kreativitasnya dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, begitu pula dengan sarana prasarana yang harus ditingkatkan agar terciptanya pembelajaran yang kondusif.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PADA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD MULTI TALENTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | SITI JULEHA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SIT p 2022 |
Subyek | Penerapan, Keterampilan Dasar Mengajar, Guru |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY