Detail Cantuman Kembali
DIANA ROFIQOH - Personal Name

Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SMP Negeri 9 Samarinda

Diana Rofiqoh, 2022. Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di SMP Negeri 9 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Made Ngurah Partha, M.Si selaku pembimbing I dan Indah Permatasari, SE., M.M selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SMP Negeri 9 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan staf tata usaha SMP Negeri 9 Samarinda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah SMP Negeri 9 Samarinda sudah berjalan dengan baik, dapat dilihat bahwa kepala sekolah telah mencerminkan gaya kepemimpinan yang selalu melibatkan guru dalam pengambilan keputusan dan dilakukan dengan cara musyawarah. Kepala sekolah menghargai potensi yang dimiliki setiap guru dengan memberikan penghargaan berupa pujian, ucapan selamat, makan dan liburan bersama. Kepala sekolah juga mendengarkan dan memberikan kesempatan kepada guru untuk menyampaikan setiap kritik, saran atau pendapat. Kepala sekolah telah melakukan kerja sama yang baik dengan turun langsung ke lapangan bersama guru. Gaya kepemimpinan demokratis yang diterapkan kepala sekolah SMP Negeri 9 Samarinda dapat memengaruhi kedisiplinan guru, dengan gaya kepemimpinan tersebut menjadikan guru hadir selalu tepat waktu, berpakaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bertingkah laku sopan di sekolah dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini membuktikan secara tidak langsung bahwa kedisiplinan yang dicapai guru terpengaruhi oleh gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah SMP Negeri 9 Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SMP Negeri 9 Samarinda
Pengarang DIANA ROFIQOH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DIA g 2022
Subyek Gaya Kepemimpinan, Kedisiplinan Guru
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN EKONOMI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua