Detail Cantuman Kembali
Putri Alayda Rohali - Personal Name

Pengaruh Pembelajaran STEM Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa SMP Negeri 4 Samarinda

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEM materi Optik terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design yaitu hanya satu kelompok eksperimen dengan tanpa menggunakan kelompok kontrol. Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yakni satu kelas yang berjumlah 31 siswa dari kelas VIII-10 SMP Negeri 4 Samarinda. Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan Uji Paired Samples T-test. Penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pada pembelajaran STEM terhadap hasil belajar yang ditunjukkan berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat dari 11,70 menjadi 53,87 dan nilai signifikansi pada uji paired sample T-test yang lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 dengan uji N-Gain 0,47 masuk ke dalam kategori sedang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Pembelajaran STEM Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa SMP Negeri 4 Samarinda
Pengarang Putri Alayda Rohali - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PUT p 2022
Subyek STEM, Hasil Belajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua