Pengaruh Pembelajaran STEM Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa SMP Negeri 4 Samarinda
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEM materi Optik terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design yaitu hanya satu kelompok eksperimen dengan tanpa menggunakan kelompok kontrol. Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yakni satu kelas yang berjumlah 31 siswa dari kelas VIII-10 SMP Negeri 4 Samarinda. Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan Uji Paired Samples T-test. Penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pada pembelajaran STEM terhadap hasil belajar yang ditunjukkan berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat dari 11,70 menjadi 53,87 dan nilai signifikansi pada uji paired sample T-test yang lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 dengan uji N-Gain 0,47 masuk ke dalam kategori sedang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Pembelajaran STEM Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa SMP Negeri 4 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Putri Alayda Rohali - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI PUT p 2022 |
Subyek | STEM, Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY