Detail Cantuman Kembali
ISNANIAH - Personal Name

Efektivitas Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran IPS Di Kelas VIII SMP Negeri 11 Samarinda

Kemajuan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin berkembang, telah berdampak pada bidang pendidikan terutama dalam proses pembelajaran. Salah satu platform yang saat ini sedang berkembang dan mulai digunakan untuk mendukung proses pembelajaran adalah google classroom, dengan pemanfaatan google classroom menjadi alternatif dalam membantu melaksanakan pembelajaran online. SMP Negeri 11 Samarinda merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan google classroom, yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan google classroom pada pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 11 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII dan 4 guru mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan penggunaan google classroom pada pembelajaran IPS di Kelas VIII cukup efektif, walaupun masih ada beberapa kekurangan dan kendala dalam penerapannya yaitu permasalahan jaringan internet, siswa kurang berpartisipasi aktif dan guru merasakan adanya kesulitan untuk menjelaskan materi melalui fitur diskusi di google classroom, selain itu google classroom memberikan kemudahan dalam pembelajaran, serta performa google classroom yang mudah dipahami oleh guru dan siswa sebagai pengguna. Didukung dengan hasil kuesioner sebesar (97,3%) google classroom efektif digunakan dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan google classroom pada pembelajaran IPS cukup efektif, namun belum optimal dalam penggunaanya dan terdapat beberapa kendala. Saran untuk kedepannya, guru dan siswa dapat mengoptimalkan penggunaan google classroom sehingga menjadi lebih efektif, selain itu siswa dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi yang diberikan oleh guru melalui google classroom, serta sekolah dapat memberikan tambahan kuota belajar untuk siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Efektivitas Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran IPS Di Kelas VIII SMP Negeri 11 Samarinda
Pengarang ISNANIAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ISN e 2022
Subyek Efektivitas, google classroom
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Ekonomi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua