Analisis Faktor-Faktor Yang Menpengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Buah Apel Fuji (Studi Kasus: Toko Buah King Fresh Kota Samarinda)
ARIEF RAHMAN. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Apel Fuji (Studi Kasus: Toko Buah King Fresh Kota Samarinda). Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2022. (dibawah bimbingan Nella Naomi Duakaju dan Mursidah).
Apel impor adalah apel yang didatangkan dari luar negeri, ada beberapa jenis yang sudah beredar di pasaran seperti apel merah USA dan apel Fuji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen yang membeli apel fuji dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli apel fuji.
Penelitian ini dilakukan di Toko Buah King Fresh Kota Samarinda dari bulan April sampai bulan Juni 2022. Data yang digunakan berupa data primer yang dikumpulkan melalui kuisioner dan data sekunder didapatkan dari sumber seperti jurnal, data BPS, buku dan literatur lainnya yang mendukung penelitian. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling dam jumlah sampel yaitu 40 responden. faktor-faktor dalam penelitian ini adalah harga, rasa, warna, ukuran, tekstur, kesegaran, pendapatan, jumlah anggota keluarga, tingkat pendidikan, manfaat, dan ketersediaan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi logistik pada taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik konsumen yang membeli buah apel fuji didominasi perempuan, rentang usia 15-64 tahun, tingkat pendidikan SMA/Sederajat, memiliki jumlah anggota keluarga 3-4 orang, serta memiliki pekerjaan sebagai IRT dan wiraswasta. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian buah apel fuji adalah harga, rasa, ukuran dan tekstur/kerenyahan yang secara signifikan berpengaruh nyata terhadap keputusan konsumen dengan nilai signifikansi < 0,050. Sedangkan faktor yang tidak mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian buah apel fuji adalah warna, kesegaran, pendapatan, jumlah anggota keluarga, tingkat pendidikan, manfaat, dan ketersediaan.
Kata kunci: Keputusan konsumen, Pembelian, Apel impor, Apel Fuji.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Faktor-Faktor Yang Menpengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Buah Apel Fuji (Studi Kasus: Toko Buah King Fresh Kota Samarinda) |
---|---|
Pengarang | Arief Rahman - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ARI a 2022 |
Subyek | Keputusan Konsumen |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Pertanian |
Jurusan | Agribisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY