Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Era New Normal Di TK Negeri 02 Tenggarong
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) upaya guru meningkatkan kemampuan motorik halus di Era New Normal, (2) Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus Di Era New Normal di TK Negeri 02 Tenggarong. Pendekatan pada penelitian ini adalah Kualitatif dengan jenis Penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai pendukung data di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) guru meningkatkan kemampuan motorik halus anak di era new normal yaitu diawali dengan mengidentifikasi kesulitan anak yang didukung kerjasama orangtua, lalu guru membuat rancangan pembelajaran berdasarkan kurikulum(RPPM,RPPH,Penilaian), guru menerapkan pendekatan, metode, dan strategi sesuai dengan kebutuhan anak, guru merancang berabagi kegiatan motorik halus yang kreatif, bervariatif dan bermakna, terakhir guru mengevaluasi proses pembelajaran melalui laporan penilaian. (2) hambatan yang dihadapi guru yaitu dari faktor internal dalam diri anak dan faktor eksternal dari lingkungan sekitarnya. Kesimpulan menunjukan bahwa melalui beberapa upaya guru dalam meningkatkan motorik halus anak Di TK Negeri 02 Tenggarong yang disebutkan diatas sudah dilakukan dengan baik dan maksimal dan sesuai dengan beberapa point kompetensi Guru PAUD.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Era New Normal Di TK Negeri 02 Tenggarong |
---|---|
Pengarang | NURJANNAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR u 2022 |
Subyek | Upaya Guru, Motorik Halus , New normal |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | pendidikan anak usia dini |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY