Detail Cantuman Kembali
Singka Hana Berlyn - Personal Name

Marketing Politik Pemenangan Pasangan Kandidat Sri Juniarsih dan Gamalis dalam Kemenangan Pilkada di Kabupaten Berau Tahun 2020

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana marketing politik dan faktor penghambat marketing politik pemenangan pasangan kandidat Sri Juniarsih dan Gamalis dalam kemenangan pilkada di Kabupaten Berau tahun 2020. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta data sekunder dari buku atau internet. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori marketing politik dengan variabel produk, promosi, harga dan tempat menurut Niffenegger (dalam Firmanzah, 2008). Hasil penelitian menunjukkan bahwa marketing politik Sri Juniarsih dan Gamalis dalam Kemenangan Pilkada di Kabupaten Berau tahun 2020 dapat dikatakan efektif dalam menarik suara pemilih sehingga dapat menjadi pemenang pada Pilkada di Kabupaten Berau tahun 2020. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana Sri Juniarsih dan Gamalis menerapkan variabel marketing politik. Kandidat menawarkan produk berupa platform yang memuat visi, misi dan program kerja berdasarkan tantangan utama pembangunan di Kabupaten Berau, past record yang mendukung dan memiliki karakter personal yang baik. Selanjutnya promosi dilakukan secara langsung kepada pemilih, melalui tokoh atau organisasi serta media sosial dan media massa, karena memiliki pengaruh besar dalam menarik simpati pemilih. Selain itu, kandidat dapat memberikan harga yang baik untuk produknya, sehingga pemilih percaya dan membentuk persepsi yang baik terhadap pasangan Sri Juniarsih dan Gamalis. Dalam menentukan tempat, kandidat mendekatkan diri dengan pemilih melalui pertemuan dan kunjungan serta menempatkan tim sukses dan relawan sampai ke kampung-kampung agar menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat dalam menjalankan marketing politik terletak pada minim dan terbatasnya dana yang digunakan dalam rangkaian prosesi marketing politik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Marketing Politik Pemenangan Pasangan Kandidat Sri Juniarsih dan Gamalis dalam Kemenangan Pilkada di Kabupaten Berau Tahun 2020
Pengarang Singka Hana Berlyn - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIN m 2022
Subyek Marketing Politik, Produk, Promosi, Harga, Tempat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Pemerintahan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua