Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022
Budiman, Arif 2022. Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP Negeri 22 Samarinda 2021/2022.
Hasil Belajar adalah suatu perubahan tingkah laku pada diri siswa baik secara kognitif, afektif, dan psikomotorik. Suatu pembelajaran dapat dikatakan berhasil jika rata rata hasil belajar yang diperoleh mencapai standar kriteria ketuntasan minimal. Permsalahan yang terjadi adalah adanya salah satu kelas yang hasil belajarnya di bawah kriteria ketuntasan minimal pada mat pelajaran IPS. Pembelajaran IPS sendiri ialah salah satu mata pelajaran yang memiliki sifat aplikatif dalam kehidupan sehari hari atau sering di temukan pada kejadian sehari hari. Oleh karena itu, model pembelajaran yang tepat dalam mengajarkan mata pelajaran IPS ialah dengan menghubungkan kejadian nyata dengan materi ajar. Model yang tepat yaitu model Problem Based Learning, Model ini mengkaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini salah satu kelas 9 yang ada di SMP Negeri 22 Samarinda yaitu kelas 9G. kelas berjumlah 35 siswa. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS dengan materi pokok Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat dengan menggunakan model Problem Based Learning.
Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran. (2) Meningkatkan nilai rata-rata kelas pada test awal sebesar 35,16 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 11,4%. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 73,6 dengan tingkat ketuntasan belajar 40%. Dan siklus II nilai rata-rata sebesar 82,63 dengan tingkat ketuntasan belajar 94,28%. (3) meningkatkan hasil belajar siswa dari tes awal sampai siklus II.
Dari hasil yang di dapatkan bisa disimpulkan bahwa model Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas 9 di SMP Negeri 22 Samarinda. Model Problem Based Learning memiliki keterkaitan erat dengan mata pelajaran IPS sehingga model ini dapat digunakan sebagai alternatif dan pemecahan dalam proses pembelajaran agar menjadi lebih efektif lagi sesuai dengan apa yang diinginkan oleh guru.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | Arif Budiman - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ARI p 2022 |
Subyek | Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Problem Base |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY