Detail Cantuman Kembali
Abdurrachman Wahyudi - Personal Name

Identifikasi Hama Dan Pengendaliannya Dengan Aplikasi Minyak Atsiri Serai Wangi Pada Tanaman Bangle (Zingiber cassumunar Roxb.)

ABDURRACHMAN WAHYUDI. Identifikasi Hama dan Pengendaliannya Dengan Aplikasi Minyak Atsiri Serai Wangi Pada Tanaman Bangle (Zingiber cassumunar Roxb.). Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2022. (Dibawah bimbingan Kadis Mujiono dan Sofian).
Tanaman bangle merupakan jenis tanaman obat endemik asal Kalimantan Timur. Tanaman ini memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat. Namun, herbivora yang berasosiasi dengan bangle belum banyak diketahui, sehingga teknik pengendalian hama pada tanaman bangle juga belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan herbivora yang terkait dengan bangle termasuk serangga, mollusca, dan arthropoda lainnya, dan mengkaji potensi minyak atsiri serai wangi sebagai pengendali herbivora. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga Oktober 2021, di kebun percobaan Teluk Dalam Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Penelitian dilaksanakan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan lima perlakuan (minyak atsiri dengan konsentrasi 0%, 0.5%, 1%, 1.5%, 2%) dan lima ulangan untuk setiap perlakuan. Parameter yang diamati yaitu herbivora dan gejala serangan, intensitas serangan hama, tinggi tanaman, jumlah anakan, dan total produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 jenis hama yang menyerang tanaman bangle dengan gejala yang berbeda. Jenis hama yang didapat yaitu kelompok serangga (Ulat penggulung daun (Erionota thrax L.), walang sangit (Leptocorisa acuta), dan thrips), serta keong Bradybaena similaris. Aplikasi minyak atsiri serai wangi tidak efektif dalam mengendalikan serangan hama pada tanaman bangle.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Identifikasi Hama Dan Pengendaliannya Dengan Aplikasi Minyak Atsiri Serai Wangi Pada Tanaman Bangle (Zingiber cassumunar Roxb.)
Pengarang Abdurrachman Wahyudi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ABD i 2022
Subyek Bangle, herbivora, minyak atsiri, pengendalian
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua