ANALISIS PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 1 TENGGARONG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia terkait dengan pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Tenggarong. Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mendeskripsikan perencanaan, 2) pelaksanaan guru dalam pembelajaran menulis deskripsi, 3) mendeskripsikan proses, 4) hasil belajar dalam pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Tenggarong.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis isi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Tenggarong. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru wali kelas IV SD Muhammadiyah 1 Tenggarong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Dalam menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan teknik perpanjangan pengamatan melalui wawancara, ketekunan pengamatan dalam penelitian dan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan guru dalam mempersiapkan pembelajaran telah dilakukan dengan baik oleh guru melalui perangkat pembelajaran untuk proses pembelajaran dengan membuat RPP dan menyiapkan bahan ajar buku. 2) Dalam pelaksanaannya, guru memulai dengan menggali pemahaman siswa terlebih dahulu, kemudian menjelaskan mengenai menulis deskripsi, akan tetapi guru tidak menjelaskan mengenai ciri-ciri deskripsi secara rinci. Guru telah memperhatikan hal penting seperti mengadakan tanya jawab, berkeliling memantau siswa dan memiliki pemecahan masalah pada kesulitan siswa dalam menulis. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran guru tidak menjelaskan mengenai materi kebahasaan dan tidak membuat jurnal refleksi sebagai acuan pembelajaran selanjutnya 3) Proses siswa dalam melaksanakan pembelajaran menulis deskripsi masih tergolong kurang sebab masih terdapat beberapa kendala dan kesalahan. Pada tahap pra-penulisan siswa sulit untuk menentukan judul dan sulit untuk menyusun ide. Pada tahap penulisan siswa sulit untuk mengembangkan ide dan paragraf, banyaknya kesalahan penulisan kata dan kalimat serta kurangnya kerapian dalam penulisan. dan pada tahap pasca-penulisan siswa kurang melakukan perbaikan kesalahan pada hasil tulisannya. 4) Pada hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Tenggarong dalam menulis deskripsi masih tergolong kurang dengan nilai rata-rata 56. Terdapat 17 siswa mendapatkan hasil belajar yang “kurang”, 8 siswa mendapatkan hasil belajar “cukup” dan 1 siswa mendapatkan hasil belajar “baik”.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 1 TENGGARONG |
---|---|
Pengarang | SITI NURUL UMAROH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SIT a 2022 |
Subyek | Pembelajaran Menulis, Menulis Deskripsi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY