Detail Cantuman Kembali
Indah Maspuah - Personal Name

Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Wisata melalui Kampung Masdarling( Masyarakat Sadar Lingkungan) di Kelurahan Gunung Telihan Kota Bontang.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk memberikan daya atau kekuatan bagi masyarakat agar dapat keluar dari permasalahan yang dihadapinya. Selain itu, adanya pemberdayaan masyarakat juga dimaksudkan untuk memandirikan masyarakat agar dapat menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tahapan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan juga dam[ak yang dirasakan oleh masyarakat kampung masdarling. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola dan juga masyaralkat Kampung Masdarling. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan memverifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) kegiatan pemberdayaan masyarakat terdiri dari tiga tahapan yaitu (a) Tahap penyadaran,seperti tumbuhnya motivasi masyarakat akan manfaat Desa Wisata memberikan pengaruh terhadap pengelolaan di Kampung Masdarling. (b) Tahap pengkapasitasan yaitu tahapan dimanamasyarakat yang ada diberikan peningkatan pengetahuan melalui pelatihan-pelatihan. (c) Tahap pendayaan yaitu tahapan dimana masyarakat yang sudah di berikan pelatihan melaksanakan kegiatan secara mandiri dan mampu mensejahterakan hidupnya melalui olahan-olahan atau hasil dari pelatihan yang masyarakat lakukan. (2) Dampak yang dirasakan oleh masyarakat yaitu membuka peluang bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi kampung di Kelurahan Gunung Telihan dan adanya peningkatan ekonomi yang paling dirasakan oleh masyarakat Kampung Masdarling.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Wisata melalui Kampung Masdarling( Masyarakat Sadar Lingkungan) di Kelurahan Gunung Telihan Kota Bontang.
Pengarang Indah Maspuah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IND p 2022
Subyek Pemberdayaan Masyarakat,
Berbasis Wisata,
Lingkungan,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua