HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MULAWARMAN
Prokrastinasi akademik merupakan kecenderungan seseorang yang dengan sengaja menunda-nunda kegiatan akademiknya. Salah satu faktor yang memengaruhi prokrastinasi akademik ialah self-regulated learning. Self-regulated learning merupakan kemampuan seseorang dalam mengatur diri sendiri, menetapkan tujuan dan merencakan strategi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. Desain penelitian ini analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Self-regulated learning dan Procrastination Assessment Scale for Sudents (PASS). Responden pada penelitian ini berjumlah 219 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self-regulated learning mahasiswa pada kategori baik sebesar 42%, kurang sebesar 57,5% dan buruk sebesar 0,5% sedangkan pada prokrastinasi akademik mahasiswa yang berada pada kategori tinggi sebanyak 26,9% dan rendah sebanyak 73,1%. Uji statistik menghasilkan nilai p-value 0,000 Kurang dari 0,05 dengan r=-0.267. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik dengan kekuatan kolerasi rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self-regulated learning kurang dengan prokrastinasi akademik rendah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MULAWARMAN |
---|---|
Pengarang | Rini Wahidatul Ulpah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIN h 2022 |
Subyek | Prokrastinasi Akademik, Self-regulated learning |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Kedokteran |
Jurusan | Kedokteran |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY