Hubungan antara Efikasi Diri dengan Penyesuaian Akademik pada Siswa Selama Pembelajaran Daring
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan penyesuaian akademik pada siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 290 siswa yang mengikuti pembelajaran daring di kota Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala efikasi diri dan skala penyesuaian akademik. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi non parametrik Kendall’s Tau_b. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan penyesuaian akademik pada siswa selama pembelajaran daring dengan nilai r hitung 0.365 > r tabel 0.115 dan nilai sig 0.000 (p < 0.05). Artinya, semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi pula penyesuaian akademik pada siswa selama pembelajaran daring. Sebaliknya semakin rendah efikasi diri pada siswa maka semakin rendah pula penyesuaian akademik pada siswa selama pembelajaran daring. Efikasi diri memberikan kontribusi pengaruh sebesar 36.5% terhadap penyesuaian akademik, sedangkan 63.5% penyesuaian akademik yang dialami siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Hubungan antara Efikasi Diri dengan Penyesuaian Akademik pada Siswa Selama Pembelajaran Daring |
---|---|
Pengarang | KHAIRUN NISA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI KHA h 2022 |
Subyek | penyesuaian akademik, efikasi diri |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Psikologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY