Detail Cantuman Kembali
Neni Rahayu - Personal Name

KLASIFIKASI BATUBARA BERDASARKAN JENIS KALORI DENGAN MENGGUNAKAN PERBANDINGAN JARAK EUCLID, JARAK MANHATTAN, DAN JARAK MINKOWSKI PADA ALGORITMA MODIFIED K-NEAREST NEIGHBOR (Studi Kasus: PT. XYZ Samarinda)

Metode Modified K- Nearest Neighbor (MK-NN) merupakan perbaikan dari metode K-NN yang dapat mengatasi permasalahan outlier. Perhitungan nilai akurasi pada MK-NN dengan menambahkan perhitungan nilai fungsi validitas dan weight voting digunakan untuk meningkatkan nilai akurasi rendah pada K-NN. Penelitian ini membandingkan tiga jarak yang sering digunakan dalam K-NN, yaitu Euclid, Manhattan dan Minkowski. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengklasifikasian batubara berdasarkan jenis kalori dan tingkat akurasi jarak terbaik dari klasifikasi pada metode MK-NN. Data yang digunakan adalah data batubara PT. XYZ Tahun 2017 dengan menggunakan 7 variabel bebas yaitu Total Moisture (TM),Moisture (M), Ash, Volatile Matter (VM), Fixed Carboni (FC), Total Shulpur (TS) dan Gross Calorific Value (GCV). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga jarak yang dibandingkan jarak Manhattan memiliki tingkat akurasi yang paling baik yaitu sebesar 100%, sedangkan jarak Euclidsebesar 92% dan jarak Minkowski sebesar 52%, hasil akurasi terbaik pada MK-NN tersebut diperoleh ketika K bernilai 1 pada proporsi 80%:20%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KLASIFIKASI BATUBARA BERDASARKAN JENIS KALORI DENGAN MENGGUNAKAN PERBANDINGAN JARAK EUCLID, JARAK MANHATTAN, DAN JARAK MINKOWSKI PADA ALGORITMA MODIFIED K-NEAREST NEIGHBOR (Studi Kasus: PT. XYZ Samarinda)
Pengarang Neni Rahayu - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NEN k 2022
Subyek Kata Kunci : Batubara, Euclid, Manhattan, Minkowks
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua