Detail Cantuman Kembali
SADRIYANSYAH - Personal Name

PERAN CAMAT DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN LONG IKIS

Sadriansyah, Peran Camat dalam komunikasi organisasi dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai kantor Kecamatan Long Ikis dibawah bimbingan Bapak Drs. Endang Erawan, M.Si dan Ibu Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pimpinan dalam komunikasi organisasi dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai kantor Kecamatan Long Ikis, untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung peran pimpinan dalam komunikasi organisasi dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai kantor Kecamatan Long Ikis. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif. Key informannya yaitu Camat, informannya Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian dan informas lainnya yaitu : pegawai di Kecamatan Long Ikis. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran camat dalam komunikasi organisasi memotivasi pegawainya. Perhatian Camat kepada bawahan memperhatikan hal-hal yang dapat menghambat kinerja pegawai. Camat berkomunikasi dengan baik kepada bawahan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan untuk menghindari kesalahan yang terjadi di Kecamatan Long Ikis. Camat melakukan komunikasi ke pegawai dengan memberikan pengarahan, bimbingan pada pekerjaan dan pengawasan kepada pegawai. Komunikasi kepada pegawai dilakukan pada saat upacara apel setiap hari sebelum pegawai bekerja. Peran Camat dalam melaksanakan peningkatkan motivasi kerja pegawai kantor Kecamatan Long Ikis sangat baik menghasilkan kinerja pegawai dengan hasil kinerja yang baik. Camat meningkatkan motivasi kerja pegawai dengan memberikan perhatian kepada pegawai. Dengan memperhatikan fasilitas kerja mereka. Komunikasi dilakukan apabila pegawai membutuhkan fasilitas kantor yang kurang, guna melancarkan kerja pegawai. Lingkungan kerja dan kemampuan pribadi yang dimiliki Camat menjadi faktor penghambat komunikasi sehingga menjadi tidak optimal. Sedangkan Camat memiliki faktor pendukung yang bisa ia gunakan untuk mengoptimalkan kepemimpinannya agar menjadi lebih baik, antara lain legitimasi, kepatuhan pegawai, dan motivasi kerja yang dimiliki Camat. Hal-hal ini dapat camat gunakan dalam mencoba membangun hubungan yang baik antara beliau dengan para pegawainya. Camat memberikan tanggapan terhadap permasalahan yang terjadi pada bawahan. penerimaan pegawai terhadap komunikasi pegawai sangat terbuka.
.


Kata Kunci : Peran Camat, Komunikasi Organisasi, Motivasi Kerja

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN CAMAT DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN LONG IKIS
Pengarang SADRIYANSYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua