PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK TEMA 8 SUBTEMA 1 MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS IV SD NEGERI 009 KOTA BANGUN TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Padlian Nur. 2022 Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya dan Gerak Tema 8 Subtema 1 Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas IV SD Negeri 009 Kota Bangun Tahun Pembelajaran 2021/2022. Pembimbig I Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd dan Pembimbing II Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Gaya dan Gerak, Model Based Learning.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 009 Kota Bangun Tahun Pembelajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 8 Subtema 1 materi Gaya dan Gerak menggunakan model problem based learning siswa kelas IV SD Negeri 009 Kota Bangun tahun pembelajaran 2021/2022. Tujuan Penelitian ini untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 8 Subtema 1
materi Gaya dan Gerak menggunakan Model Problem Based Learning Siswa
Kelas IV SD Negeri 009 Kota Bangun Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 009 yang berjumlah 15 orang siswa dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA materi Gaya dan Gerak menggunakan Model Problem Based Learning. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan ratarata, presentase dan grafik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belahjar dari prasiklus sebesar 53,55 dengan presentase siswa tuntas 33,33% menjadi 60 pada siklus I dengan presentase peningkatan hasil belajar 12,50 dan presentase siswa tuntas 40 pada siklus II nilai rata-rata 68,66 dengan presentase peningkatan hasil belajar 28,75% dan presentase siswa tuntas 73,33% dari hasil penilaian dan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA Mareri Gaya dan Gerak menggunakan Model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 009 Kota Bangun.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK TEMA 8 SUBTEMA 1 MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS IV SD NEGERI 009 KOTA BANGUN TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | Padlian Nur - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI PAD p 2022 |
Subyek | Hasil Belajar IPA, Gaya dan Gerak, Model Based Lea |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY