Detail Cantuman Kembali
PAPILUS PANYU - Personal Name

STRATEGI PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DALAM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN MAHAKAM ULU (Studi Pada Dinas Kesehatan, PengendalianPenduduk dan Keluarga Berencana)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi dan menganalisis strategi penanganan pandemic Covid-19 diKabupaten Mahakam Ulu serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan menggunakan data primer dan data skunder, sertaanalisis yang digunakan adalahanalisis model interaktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi penanganan pandemi Covid-19 dalam pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Mahakam Ulu secara umum telah optimal untuk menekan laju penyebaran Virus Covid-19 dilakukan melalui pencegahan penularan Covid-19 melalui strategi protocol kesehatan yang dilakukan melalui Gerakan 5M sertaedukasi masyarakat yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, Puskesman dan OPD terkait. Kemudian melakukan Physical Distancing dilakukan melalui cara membatasi aktifitas di tempat kerja perkantoran serta melakukan melakukan pengaturan pembatasan di tempat-tempat keramaian melalui pengawasan yang langsung dilakukan pihak yang berwenang sesuai dengan aturan yang berlaku. Melakukan pengetatan mobilisasi masyarakat yang keluar maupun masuk melalui kebijakan-kebijakan pada masa pademidenganmenempatkan Pos Wasdal yang ada di jalurdarat dan juga jalursungai. Mempermudah serta memudah kanpelayanan di fasilitas Kesehatan primer terutama bagimasyarakat yang terkonfirmasi positif terpapar covid-19 dengan standar operasional prosedur yang telah disiapkan. Upaya perlindungan tenaga kesehatan dilakukan dengan memberikan vitamin dan makanansuplemensertapenggunaan APD lengkapsaatbertugassertaadanyapemberianinsentifsebesar Rp. 150.000,- /hari bagi tenaga Kesehatan. Transparansi pemerintah tentang pengelolaan anggaran pandemic dengan melakukan refocusing anggaran penanganan pandemic melalui tiga bidang yaitu bidang Kesehatan, BidangPemulihan Ekonomi dan JPS (Jaring Pengaman Sosial). Validita hasil pemeriksaan bagimasyarakat yang melakukantes Covid-19 dilakukan dengan prosedur yang ketat dan baikberdarkan SOP yang ada sehingga akurasi informasi yang disampaikan kepadasemua stakeholder.Kemudian faktor pendukung penanganan pandemi Covid-19 dalam pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Mahakam Ulu adalahdukungan/komitmenpemerintah, karakteristik masyarakat yang kooperatif, dan kondisigeografis. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dari penanganan Covid-19 dalam pelayanan kesehatan masyarakat adalah adanya ketidak patuhan masyarakat terhadapaturan pemerintah, ketidak optimalan pelayanan Puskesmas dan aspek ketersediaan saranaprasana yang belum memadai. Kata Kunci: virus corona (Covid-19), instrument, strategi, optimal.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRATEGI PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DALAM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN MAHAKAM ULU (Studi Pada Dinas Kesehatan, PengendalianPenduduk dan Keluarga Berencana)
Pengarang PAPILUS PANYU - Personal Name
No. Panggil TESIS PAP s 2022
Subyek virus corona (Covid-19),
instrument, strategi, optimal.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua