Detail Cantuman Kembali
Nadia Lestari - Personal Name

Pengaruh Berbagai Media Tanam dengan Serbuk Cangkang Telur Ayam Petelur terhadap Pertumbuhan Selada (Lactuca sativa L. var crispa) (Sebagai Penunjang Praktikum Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan)

Nadia Lestari. 2022. Pengaruh Berbagai Media Tanam dengan Serbuk Cangkang Telur Ayam Petelur terhadap Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca sativa L. var crispa) (Sebagai Penunjang Praktikum Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan) dibawah bimbingan Dr. Vandalita M. M. Rambitan, M.P selaku pembimbing I dan Dr. Evie Palenewen, M.Pd selaku pembimbing II. Keterbatasan media tumbuh dan keberagaman kondisi dalam areal sempit, mengakibatkan produksi tanaman tidak optimal dan tidak berkelanjutan. Keterbatasan media tanam yang berupa tanah dapat diantisipasi dengan mencari bahan-bahan selain tanah yang mampu menghasilkan hasil produksi tanaman yang optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media tanam dengan serbuk cangkang telur petelur terhadap pertumbuhanselada (Lactuca sativa L. var crispa) serta untuk mengkajidosis optimaldari serbuk cangkang telur ayam petelur untuk pertumbuhanselada (Lactuca sativa L. var crispa). Media tanam yang digunakan pada penelitian ini yaitu tanah sebagai kontrol, sekam padi, cocopeat, dan akar pakis. Desain penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok faktorial yang terdiri dari 16 perlakuan dan 3 ulangan dengan parameter yaitu tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), dan berat basah (gram).Hasil pengamatan pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun dan berat basah tanaman didapatkan hasil rata-rata tertinggi pada perlakuan dengan menggunakan media tanam cocopeat serta serbuk cangkang telur ayam petelur sebanyak 10 gram. Hal ini dikarenakan tekstur serta unsur hara yang terkandung di dalam cocopeat dengan penambahan unsur hara yang dikandung serbuk cangkang telur ayam petelur membuat pertumbuhan selada (Lactuca sativa L. var crispa) lebih optimal.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Berbagai Media Tanam dengan Serbuk Cangkang Telur Ayam Petelur terhadap Pertumbuhan Selada (Lactuca sativa L. var crispa) (Sebagai Penunjang Praktikum Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan)
Pengarang Nadia Lestari - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAD p 2022
Subyek Media Tanam, Sekam Padi, Cocopeat, Akar Pakis, Ser
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua