Detail Cantuman Kembali
Mega Selvia Sofyana - Personal Name

STUDI TENTANG PELAYANAN PRIMA DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) DI KEPOLISIAN RESOR SATUAN LALU LINTAS KABUPATEN NUNUKAN

Mega Selvia Sofyana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan judul

Studi Tentang Pelayanan Prima Dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Di Kepolisian Resor Satuan Lalu Lintas Kabupaten Nunukan.Dosen Pembimbing 1 Dr. Enos Paselle,S.Sos.M.Ap dan Dosen Pembimbing 2 Daryono, S.Sos., M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelayanan prima dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Di kepolisian resor satuan lalu lintas Kabupaten Nunukan dan untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung pelayanan prima dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di kepolisian resor satuan lalu lintas Kabupaten Nunukan..
Jenis Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah: 1. Prinsip Pelayanan Publik, meliputi: a. Kesederhanaan Prosedur; b. Ketepatan Waktu Waktu; c. Keamanan Pelayanan; d. Keterbukaan Pelayanan; e. Efisiensi; d. KeadilanPelayanan.2.Kendala-kendala yang dihadapi dalam pembuatan pelayanan yang meliputi Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung Pelayanan Prima Dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Di Kepolisian Resor Satuan Lalu Lintas Kabupaten Nunukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
Hasil peneliitian diperoleh penulis bahwa pelayanan prima dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Di Kepolisian Resor Satuan Lalu Lintas Kabupaten Nunukan secara Prosedur sudah sangat baik karena prosedurnya cukup sederhana dan cukup jelas. Waktu pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Kemanan pelayanan yang berkaitan dengan produk pelayanan berupa Surat Izin Mengemudi (SIM) yang telah memiliki kekuatan hukum karena sudah disahkan dengan aparatur kepolisian sudah bagus. Keterbukaan pelayanan juga telah berjalan dengan baik karena segala sesuatunya diinformasikan terbuka kepada masyarakat. efisiensi pelayanan sudah berjalandengan baik. Keadilan pelayan berjalan dengan baik dikarenakan pelayanan diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang derajat para pemohon. Faktor pendukung pelayanan yaitu kemampuan dan keterampilan aparatur dalam bekerja penuh dengan ketelitian dan faktor penghambat pelayanan meliputi kurangnya sarana dan prasarana penunjang pelayanan seperti sering terjadi gangguan terutama koneksi internet dan terjadinya pemadaman listrik.

Kata Kunci:Pelayanan, PelayananPrima,Surat Izin Mengemudi (SIM)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG PELAYANAN PRIMA DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) DI KEPOLISIAN RESOR SATUAN LALU LINTAS KABUPATEN NUNUKAN
Pengarang Mega Selvia Sofyana - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua