Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Statistika menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022
Dicky Ferdy, 2022. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Statistika menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022. Skripsi dibimbing oleh (1) Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd. dan (2) Sukriadi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Statistika, Student Teams Achievement Divisions (STAD).
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika materi statistika siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2021/2022. Hal ini dikarenakan model atau proses pembelajaran belum memfasilitasi siswa untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan, siswa kurang aktif membantu dan memotivasi semangat untuk bekerja sama, siswa kurang berinteraksi dalam menyampaikan pendapat. Salah satu model pembelajaran yang bisa membuat siswa untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan, siswa kurang aktif membantu dan memotivasi semangat untuk bekerja sama, siswa kurang berinteraksi dalam menyampaikan pendapat adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi statistika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 007 Sungai Kunjang pada semester genap tahun pembelajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang yang berjumlah 32 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang menggunakan model Student Teams Achievement Divisions (STAD). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase, dan grafik. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Matematika materi statistika menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2021/2022. Peningkatan tersebut terbukti dari nilai rata-rata hasil belajar pada pra siklus sebesar 52,19 dengan persentase ketuntasan 37,5% (12 siswa). Pada siklus I hasil belajar meningkat 17,67% dari pra siklus dengan nilai rata-rata menjadi 61,41 dan persentase ketuntasan 56% (18 Siswa). Pada siklus II hasil belajar meningkat 45% dari pra siklus dengan nilai rata-rata menjadi 75,78 dan persentase ketuntasan 78%(25 siswa).
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Statistika menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | DICKY FERDY - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DIC p 2022 |
Subyek | Hasil Belajar Matematika, Statistika Student Teams Achievement Divisions (STAD) |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY