Detail Cantuman Kembali
SRI RAMADHANIA - Personal Name

KUALITAS PAPAN PARTIKEL BERDASARKAN KOMPOSISI PEREKAT PVAc (Polivinil Asetat) DAN PARTIKEL BATANG SINGKONG (Manihot esculenta Crantz.)

Seiring dengan perkembangan zaman, industri kayu di Indonesia sekarang ini banyak mengalami kekurangan pada bahan baku, khususnya dalam ketersediaan kayu di hutan dengan kualitas baik yang sesuai dengan umur masa panen. Papan Partikel adalah produk papan tiruan dengan menggunakan perekat. Perekat PVAc (Polivinil Asetat) merupakan perekat termoplastik yang digunakan untuk pembuatan papan partikel, memiliki keuntungan dalam menutup celah, mudah penanganannya, tidak mengakibatkan bercak noda, dan tekanan kempa yang rendah. Pemanfaatan limbah batang singkong hanya 10% digunakan untuk bibit dan 90% sisanya menjadi limbah. Batang singkong dapat digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan papan partikel karena mengandung sebanyak 56,82% alpha selulosa. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh komposisi perekat PVAc (Polivinil Asetat) dan partikel batang singkong (Manihot esculenta Crantz.) berdasarkan sifat fisik dan mekaniknya sesuai dengan standar JIS A 5908-2003. Adapun komposisi perekat PVAc yang digunakan dalam penelitian ini adalah P1 (Komposisi perekat 15%), P2 (Komposisi perekat 20%), P3 (Komposisi perekat 25%), dimana ukuran partikel adalah lolos 40 mesh dan tertahan 60 mesh dengan beban kempa 30 Bar selama 1 jam. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 5 kali ulangan pada tiap perlakuan. Perlakuan komposisi perekat PVAc (Polivinil Asetat) dan partikel batang singkong (Manihot esculenta Crantz.) terbaik terdapat pada perlakuan P3 (Komposisi perekat 25%). Hasil Rataan pengujian perlakuan P3 (Komposisi perekat 25%) yaitu kerapatan 0,37 g cm-3 , kadar air 9,96%, penyerapan air 81,76%, pengembangan tebal 8,37%, MoE 3528,85 N mm-2 , MoR 1,47 N mm -2 , dan IBS 0,18 N mm -2 . Hasil pengujian papan partikel berdasarkan komposisi perekat PVAc (Polivinil Asetat) dan partikel batang singkong (Manihot esculenta Crantz.) sebagian besar memenuhi standar JIS A 5908-2003 kecuali kerapatan dan MoR. Kata Kunci : Papan Partikel, Batang Singkong, Perekat PVAc (Polivinil Asetat).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KUALITAS PAPAN PARTIKEL BERDASARKAN KOMPOSISI PEREKAT PVAc (Polivinil Asetat) DAN PARTIKEL BATANG SINGKONG (Manihot esculenta Crantz.)
Pengarang SRI RAMADHANIA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SRI k 2022
Subyek Papan Partikel, Batang Singkong
Perekat PVAc (Polivinil Asetat).
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan kehutan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua