Detail Cantuman Kembali

Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Smart Dalam Penentuan Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)

Kemiskinan merupakan masalah utama dan kompleks setiap negara. Salah satunya di Kota Samarinda. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Samarinda, jumlah penduduk miskin Kota Samarinda pada tahun 2018 berada di angka 4,59%.
Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi angka kemiskinan di Kota Samarinda adalah mengadakan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH). Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengembangan sistem jaminan sosial melalui pemberian bantuan tunai bersyarat kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).
Didalam menentukan prioritas penerima bantuan dengan banyaknya data yang harus dihitung, sehingga perlu dibuat Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang berfungsi untuk menentukan prioritas komponen dan mampu memberikan rekomendasi hasil berupa output yaitu penerima bantuan sosial yang paling layak
Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) yaitu metode pengambilan keputusan multi kriteria yang dikembangkan oleh Edward pada tahun 1977. Penelitian ini bertujuan mencari nilai terbaik dari setiap peserta, kemudian dilakukan proses pengurutan peserta yang akan menentukan nilai tertinggi, yaitu masyarakat yang berhak mendapat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Aplikasi pada penelitian ini dibuat berbasis web dengan data uji coba 164 alternatif di Kecamatan Samarinda, Kota Samarinda pada tahun 2018.
Berdasarkan uji coba terhadap pengguna, disimpulkan bahwa Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Menggunakan Metode SMART Dalam Penentu Penerima Bantuan PKH ini mudah digunakan (Perceived Ease Of Use) dengan hasil akhir (70,8%), manfaat aplikasi ini (Perceived Of Usefulness) dengan hasil akhir (73,3%), ketepatan (Correctness) dengan hasil akhir (74,3%), Integrity dengan hasil akhir (100%), Kebergunaan (Usabillity) dengan hasil akhir (68%) maka hasil dari keseluruhan aplikasi adalah 77,28%. Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode SMART dalam Penentuan Penerima Bantuan PKH Kecamatan Samarinda Kota yang dibangun sudah sesuai dengan rancangan dan dapat berjalan dengan baik dan akan memudahkan dalam proses pemilihan khususnya dalam menentukan keluarga yang akan diberikan bantuan secara lebih obyektif dan sesuai dengan yang diharapkan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Smart Dalam Penentuan Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)
Pengarang SYAMSUDIN HADI = SKRIPSI.pdf - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SYA s 2022
Subyek Program Keluarga Harapan,
Sistem Pendukung Keputusan, SMART
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan INFORMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua