PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING (RT) DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 4SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Siti Nurjanah Tul Ma’wah, 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching (RT) dan Model Pembelajaran Kooperatif Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap Hasil Belajar Biologi di SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Pembelajaran 2014/2015, Skripsi program studi pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman, dibawah bimbingan Ibu Herliani, selaku pembimbing I dan ibu Masitah, selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest two group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda sebanyak 408 siswa yang terbagi kepada dua belas kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan kelas VII-1 dan VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kontrol dengan masing-masing kelas 30 siswa.
Hasil uji Anava dengan (Fhitung [45,92] > Ftabel [3,11], α 0,05) menunjukan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model Kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining. Model pembelajaran Kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah cukup efektif Pada penelitian ini, model pembelajaran Kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING (RT) DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 4SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 |
---|---|
Pengarang | SITI NURJANAH TUL MA’WAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY