Detail Cantuman Kembali
Bukhari Muslim - Personal Name

Pengaruh Zat Pengatur Tumbuh dan Media Tanam terhadap Pertumbuhan Cangkok Cabang Tahongai (Kleinhovia hospita Linn)

Bukhari Muslim, Pengaruh Zat Pengatur Tumbuh dan Media Tanam terhadap Pertumbuhan Cangkok Cabang Tahongai (Kleinhovia hospita Linn) (Dibimbing oleh Wawan Kustiawan dan Deddy Hadriyanto). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian zat pengatur tumbuh dan media tanam terhadap pertumbuhan cangkok cabang Tahongai (Kleinhovia hospita Linn).
Melalui penelitian ini diharapkan dapat diketahui pertumbuhan cangkok cabang Tahongai (Kleinhovia hospita Linn) yang terbaik dengan pemberian konsentrasi Rootone-F yang berbeda pada media yang berbeda-beda, sehingga diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan dan masukan dalam usaha pembudidayaan tanaman Tahongai (Kleinhovia hospita Linn). Penelitian ini dilaksanakan di Persemaian Tanaman Obat Abihira Herba Center di Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Penelitian memerlukan waktu kurang lebih 6 bulan dimulai bulan Oktober 2019 hingga April 2020. Penelitian ini dirancang secara faktorial mengikuti pola acak lengkap yang terdiri atas dua faktor, yaitu faktor media tanam yaitu top soil, cocopeat, arang sekam, dan sekam padi. Sedangkan faktor zat pengatur tumbuh, Rootone-F, yaitu: konsentrasi 100 mg l-1 , 200 mg l-1 , dan 300 mg l-1 . Dari rancangan tersebut diperoleh 4 x 3 = 12 kombinasi perlakuan. Kemudian 12 kombinasi dikali 3 ulangan menghasilkan 36 unit percobaan. Setiap unit percobaan ditanami 5 cangkok, sehingga menggunakan 180 cangkok Tahongai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian konsentrasi Rootone-F yang berbeda tidak memberikan pengaruh yang signifikan, baik pada panjang akar maupun jumlah akar pada cangkok cabang Tahongai (Kleinhovia hospita Linn). Sedangkan perlakuan dengan menggunakan media tanam yang berbeda berpengaruh sangat signifikan pada panjang akar cangkok cabang Tahongai (Kleinhovia hospita Linn), namun tidak berpengaruh signifikan pada jumlah akar cangkok cabangnya. Kombinasi perlakuan konsentrasi Rootone-F yang berbeda dan media tanam yang berbeda tidak berpengaruh signifikan terhadap panjang akar dan jumlah akar Tahongai. Pemberian cocopeat, arang sekam dan sekam padi, masing-masing dalam top soil tidak bisa meningkatkan parameter panjang akar Tahongai secara signifikan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Zat Pengatur Tumbuh dan Media Tanam terhadap Pertumbuhan Cangkok Cabang Tahongai (Kleinhovia hospita Linn)
Pengarang Bukhari Muslim - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI BUK p 2022
Subyek Tahongai, Pertumbuhan cangkok,
Rootone-F, Media tanam
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan KEHUTANAN (MH)
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua