Detail Cantuman Kembali
Kristiyani Mitan Keraf - Personal Name

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda

Penelitian dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Reza., S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing I dan Ilham Abu S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing II.
Hasil belajar diartikan sebagai salah satu kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah menerima pengalaman belajar dengan memperoleh hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Jenis penelitian Quasi experimental design,dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda sebanyak 65 siswa yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa yaitu 32 orang dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa yaitu 33 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk mengukur hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 25,92% dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 20%. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh data nilai t_hitung sebesar 4,294 lebih besar dari nilai t_tabel sebesar 1,699 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga H_O ditolak dan H_a diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh siginifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda
Pengarang Kristiyani Mitan Keraf - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KRI p 2022
Subyek Hasil Belajar Siswa
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Ekonomi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua