Detail Cantuman Kembali
NOVI HENITA HULAU - Personal Name

Ketidakadilan Gender Dalam Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo (Tinjauan Feminis)

Hulau, Novi Henita. 2022. Ketidakadilan Gender dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo (Tinjauan Feminisme). Skripsi. Samarinda: Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Norma Atika Sari, M.Hum dan Pembimbing II: Dahri D, S.S., M.Hum.
Kata kunci: feminisme, ketidakadilan gender, novel
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk ketidakadilan gender yang terjadi pada tokoh-tokoh perempuan dan mendeskripsikan perjuangan tokoh utama mencapai kesetaraan gender yang terdapat dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo.
Jenis penelitian ini adalah kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kutipan paragraf dan kalimat yang terdapat dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif.
Teori yang digunakan pada penelitin ini adalah feminisme. Hasil dari penelitian ini terdapat bentuk ketidakadilan gender berupa marjinalisasi perempuan, subordinasi perempuan, strereotipe perempuan, kekerasan terhadap perempuan dan beban kerja ganda terhadap perempuan, serta perjuangan tokoh utama mencapai kesetaraan gender berupa penolakan terhadap perjodohan, menjadi perempuan mandiri dan melawan adat Sumba yang terdapat dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Ketidakadilan Gender Dalam Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo (Tinjauan Feminis)
Pengarang NOVI HENITA HULAU - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NOV k 2022
Subyek feminis, ketidakadilan gender, novel.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua