Detail Cantuman Kembali
HUSNUL KHATIMAH - Personal Name

Analisis Deiksis Percakapan Antara Guru dengan Peserta Didik dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SMK Negeri 1 Samarinda (Kajian Pragmatik)

Khatimah, Husnul. 2022. Analisis Deiksis dalam Percakapan Antara Guru dengan Peserta Didik di SMK Negeri 1 Samarinda. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Dr. Hj. Widyatmike Gede Mulawarman, M.Hum. Pembimbing II: Drs. Muhammad Rusydi Ahmad, M.Hum.
Kata Kunci : deiksis Persona, tempat, waktu, kegiatan belajar mengajar, SMK Negeri 1 Samarinda
Banyaknya peserta didik di SMK Negeri 1 Samarinda yang mengikuti kegiatan belajar mengajar biasanya terdapat miskonsepsi dalam percakapan antara guru dengan peserta didik. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yakni mendeskripsikan bentuk, penggunaan, dan makna dari masing-masing deiksis persona, tempat, dan waktu dalam percakapan antara guru dengan peserta didik di SMK Negeri 1 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berarti gambaran suatu keadaan yang sedang berlangsung berupa ucapan, tulisam, dan perilaku yang dianalisis, ditafsirkan, dan disimpulkan.Data dari penelitian ini bersumber dari percakapan antara guru dengan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar yang diambil dan dianalisis dalam rentang waktu 1 bulan. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa deiksis persona terdapat tiga jenis, yaitu deiksis persona pertama, kedua, dan ketiga. bentuk deiksis persona pertama terdapat satu bentuk tunggal dan dua jamak, yaitu saya, aku, kami, dan kita. Deiksis persona kedua sepuluh bentuk tunggal dan satu jamak, yaitu Anda, Kamu, Ibu dan bu, Pak, Anak-anak dan nak, Dessy, Fikri, Suci, Nadiya, dan kalian. Deiksis persona ketiga tiga bentuk tunggal dan satu jamak, yaitu Ibu, Bapak, Beliau dan Mereka. Deiksis tempat terdapat tiga bentuk, yaitu ke sana, di sini dan sini, di sana dan di dalam. Deiksis waktu terdapat sepuluh bentuk, yaitu sekarang, hari ini, pagi, siang, nanti, minggu depan, sebentar, rabu depan, pukul 16.00,dan tadi malam. Penggunaan deiksis persona pertama sebagai kata ganti orang pertama, deiksis persona kedua sebagai kata ganti orang kedua, deiksis persona ketiga sebagai kata ganti orang ketiga. Deiksis tempat sebagai kata ganti keterangan tempat. Deiksis waktu sebagai kata ganti keterangan waktu. Makna deiksis persona pertama ungkapan penutur kepada dirinya sendiri, deiksis persona kedua ungkapan penutur kepada lawan tuturnya, deiksis persona ketiga ungkapan penutur kepada mitra tutur yang tidak terlibat dalam percakapan. Deiksis tempat ungkapan suatu tempat berlangsungnya tuturan. Deiksis waktu ungkapan waktu terjadinya tuturan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Deiksis Percakapan Antara Guru dengan Peserta Didik dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SMK Negeri 1 Samarinda (Kajian Pragmatik)
Pengarang HUSNUL KHATIMAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HUS a 2022
Subyek deiksis Persona, tempat, waktu,
kegiatan belajar mengajar,
SMK Negeri 1 Samarinda
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua