Detail Cantuman Kembali
Yusrian Paliling - Personal Name

Pemodelan Kombinasi Antara Status Indeks Pembangunan Kesehatan Mayarakat dan Status Indeks Pembangunan Manusia Dengan Regresi Logistik Multinomial (Studi Kasus: Kabupaten/Kota di Pulai Kalimantan 2018)

Regresi Logistik Multinomial (RLM) merupakan model regresi yang dikembangkan dari model Regresi Logistik Biner (RLB). Variabel respon model RLM mempunyai tiga atau lebih kategori dan berdistribusi multinomial dengan skala datanya adalah nominal. Variabel respon dalam penelitian ini yaitu kombinasi antara status Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) dan status Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kabupaten/kota di pulau Kalimantan tahun 2018 yang terbagi dalam empat kategori dengan kategori satu sebagai pembanding. Variabel prediktor yang digunakan yaitu jumlah puskesmas, persentase penduduk miskin, pertumbuhan ekonomi, angka partisipasi murni SMP, dan persentase penduduk yang berpendidikan minimal SMP. Penaksiran parameter model RLM dilakukan dengan menggunakan metode Maximum Likelihood Estimation (MLE) dan iterasi Newton-Raphson. Pengujian hipotesis parameter model RLM menggunakan metode Likelihood Ratio Test (LRT) dan uji Wald. Pemilihan model terbaik dalam penelitian ini menggunakan metode backward dan interpretasi model RLM terbaik menggunakan nilai odds ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model RLM terbaik adalah model yang mempunyai tiga variabel prediktor. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kombinasi antara status IPKM dan status IPM kabupaten/kota di pulau Kalimantan tahun 2018 adalah persentase penduduk miskin, pertumbuhan ekonomi, dan persentase penduduk yang berpendidikan minimal SMP.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pemodelan Kombinasi Antara Status Indeks Pembangunan Kesehatan Mayarakat dan Status Indeks Pembangunan Manusia Dengan Regresi Logistik Multinomial (Studi Kasus: Kabupaten/Kota di Pulai Kalimantan 2018)
Pengarang Yusrian Paliling - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUS p 2022
Subyek IPKM, IPM, LRT, MLE, REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Statistika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua