Analisis Motivasi Belajar Siswa Di SMA Tenggarong Berdasarkan Teori ARCS (Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction)
Penelitian ini bertujuan, 1) untuk mengetahui tingkat motivasi siswa secara umum dan berdasarkan gender berdasar teori ARCS di SMA Tenggarong setelah mengikuti pembelajaran Fisika. 2) Untuk mengetahui nilai persentase sumbangan dari setiap aspek ARCS secara umum dan berdasarkan gender terhadap tingkat motivasi belajar siswa di SMA Tenggarong setelah mengikuti pembelajaran Fisika. Sampel penelitian sebanyak 82 siswa kelas X MIPA. Pengumumpulan data dengan menggunakan teknik angket dan wawancara. Teknik analisis angket adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan pada lembar wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahawa 1) Tingkat motivasi siswa secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 89% sedangkan nilai motivasi berdasar gender untuk siswa laki-laki 26 dan untuk siswa perempuan 47 2) Nilai persentase setiap aspek ARCS secara umum sebesar 61,81% untuk Attention, 62,72% untuk Relevance, 64,56% untuk Confidence, dan 61,81% untuk Satisfaction, sedangkan nilai persentase berdasarkan gender pada aspek Attention laki laki 62,50%, perempuan 61,40%; Relevance laki laki 63,90%, perempuan 61,20%; Confidence laki laki 62,70%, perempuan sebesar 63,20%; dan Satisfaction laki laki 62,50% , perempuan 61,40%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Motivasi Belajar Siswa Di SMA Tenggarong Berdasarkan Teori ARCS (Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction) |
---|---|
Pengarang | RIRIN OKTAVIANA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIR a 2022 |
Subyek | Motivasi, ARCS |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY