Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Web terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 014 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkurangnya ketertarikan siswa kelas IV SDN 014 Samarinda Ulu dalam mengikuti proses pembelajaran karena guru hanya menggunakan media pembelajaran yang monoton. Sehingga guru mencoba mengklasifikasikan media pembelajaran sesuai dengan karakter siswa yang dihadapi seperti penggunaan media pembelajaran berbasis web pada kelas IV SDN 014 Samarinda Ulu.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui media pembelajaran berbasis web, minat belajar siswa, dan pengaruh media pembelajaran berbasis web terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 014 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 014 Samarinda Ulu yang berjumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu total populasi. Variabel pada penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis web sebagai variabel bebas (X) dan minat belajar sebagai variabel terikat (Y). Teknik pengumpulan data yang di gunakan berupa angket dan wawancara. Untuk menganalisis data menggunakan teknik seleksi data, tabulasi data, menghitung skor jawaban angket, regresi linear sederhana, koefisien korelasi dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web yaitu dengan persentase 70% dengan kriteria baik dan 30% dengan kriteria kurang baik, sehingga dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web kelas IV SDN 014 Samarinda Ulu baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa minat belajar dengan presentase 76,67% dengan kriteria sangat baik dan 23,33% dengan kriteria kurang baik, sehingga disimpulkan bahwa minat belajar siswa kelas IV SDN 014 Samarinda Ulu sangat baik. Adanya pengaruh dari media pembelajaran berbasis web terhadap minat belajar siswa di buktikan dengan nilai Sig sebesar 0,003 < probabilitas 0,05 dan perbandingan thitung dengan ttabel adalah 3,217 > 2,042 yang berarti bahwaH_α diterima dan H_0 ditolak, sehingga dapat diartikan bahwa ada pengaruh media pembelajaran berbasis web terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 014 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2020/2021.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Web terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 014 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Muhammad Fadel Rahman - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2022 |
Subyek | media pembelajaran berbasis web, minat belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY