Detail Cantuman Kembali
Vira Nisa - Personal Name

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING (MLEARNING) BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TIK UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TENGGARONG TAHUN AJARAN 2022

Vira Nisa, 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning (M-Learning) Berbasis Android Pada Mata Pelajaran TIK Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tenggarong Tahun Ajaran 2022. Skripsi ini dibimbing oleh Ibu Dra. Suriaty, M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Dewi Rosita, M.Kom. selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android, 2) Kelayakan uji coba produk menurut para ahli media, ahli materi dan siswa terhadap pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android, 3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran mobile learning berbasis android.
Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangaan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pada tahap analisis dilakukan studi pendahuluan dan studi literatur, tahap desain yaitu membuat flowchart dan storyboard. Selanjutnya membuat media tersebut sesuai dengan desain lalu divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan siswa. Selanjutnya implementasi yaitu kegiatan menggunakan media pembelajaran. Tahap akhir ialah evaluasi dengan melihat kelayakan media serta membuat laporan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari hingga Maret 2022.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran TIK, dibuktikan dari hasil validasi ahli materi diperoleh nilai 94 dengan kategori Sangat Layak, untuk hasil validasi 3 ahli media diperoleh nilai 113,6 dengan kategori Sangat Layak dan untuk hasil validasi siswa diperoleh nilai 36,8 dengan kategori Sangat Layak. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Mobile Learning, Perangkat Lunak (Software).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING (MLEARNING) BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TIK UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TENGGARONG TAHUN AJARAN 2022
Pengarang Vira Nisa - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI VIR p 2022
Subyek Media Pembelajaran
Mobile Learning
Perangkat Lunak (Software)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Komputer
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua