Detail Cantuman Kembali
LARAS MUTIARA SARI - Personal Name

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM GERAKAN KELUARGA PEDULI PENCEGAHAN DAN ATASI STUNTING DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA TAHUN 2020

Laras Mutiara Sari, Program Pascasarjana Universitas Mulawarman, April 2022,Implementasi Kebijakan Program RaGa PanTaS di Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2020, Pembimbing I Ibu Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Pembimbing II Bapak Dr. Erwin Resmawan, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan Program RaGa PanTaS dan menjelaskan yang menjadi faktor pendukung dan penghambat kebijakan.Jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitain yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi, serta faktor pendukung maupun penghambat. Metode penelitian menggunakan wawancara mendalam dan triangulasi untuk analisis data. Sumber data dari key informan dan informan dari Dinas dan Kades/Lurah/staf pada sepuluh daerah lokus konvergensi stunting 2020.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi kebijakan Program RaGa PanTaS di Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2020 sepenuhnya belum berjalan dengan maksimal dan masih banyak yang harus dibenahi, walaupun demikian pemerintah berhasil menurunnya angka prevalensi stunting dari 20,12% ada tahun 2019 menjadi 16,39% Tahun 2020. Komunikasi sudah berjalan dengan adanya transmisi media yang tepat, tetapi kejelasan program masih terdapat kesalahan penerimaan informasi dalam penerapan kebijakan, kurangnya pemahaman staf pada lokus sehingga masih terdapat kesalahan pendataan, pembagian wewenang belum berjalan dengan baik dan kurang konvergen serta fasilitas yang sudah memadai akan tetapi kebutuhan masih banyak sehingga kurang terukur. Pengaturan birokrasi berjalan cukup baik dengan adanya payung hukum dan insentif yang sudah diberikan yang bersumber dari APBDes dan APBD. Struktur birokrasi terdapat SOP yang sesuai dengan ketetapan dari kementerian, tetapi pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan belum sepenuhnya berjalan karena tidak ada reward dan punisment yang jelas serta pembagian tanggung jawab antar perangkat daerah belum berjalan dengan baik, karena ada program yang berjalan dan tidak.
Kata Kunci : Implementasi, Gerakan Keluarga Peduli Pencegahan dan Atasi Stunting.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM GERAKAN KELUARGA PEDULI PENCEGAHAN DAN ATASI STUNTING DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA TAHUN 2020
Pengarang LARAS MUTIARA SARI - Personal Name
No. Panggil TESIS LAR i 2022
Subyek Kata kunci : Stunting, ASI Eksklusif, MP-ASI
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan KEBIJAKAN PUBLIK
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua