Detail Cantuman Kembali
Putri Yunita Sari - Personal Name

Nilai Moral Tokoh Utama dalam Novel Saving Ludo Karya Ziggy Zesyazeozeoviennazabrizkie: Kajian Sastra Anak

Karya sastra anak menjadi media yang menghadirkan tokoh-tokoh di dalam cerita sebagai cerminan saat berperilaku. Penelitian ini mengangkat dua rumusan masalah, yaitu bagaimana nilai moral dalam fakta cerita novel Saving Ludo karya Ziggy Zesyazeozeoviennazabrizkie dan bagaimana nilai moral tokoh utama dalam novel Saving Ludo karya Ziggy Zesyazeozeoviennazabrizkie dengan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan fakta cerita dan nilai moral pada novel Saving Ludo karya Ziggy Zesyazeozeoviennazabrizkie. Teori yang digunakan pada penelitian ini ialah kajian sastra anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan termasuk ke dalam jenis penelitian kepustakaan. Data penelitian berupa kata, kalimat, dan paragraf yang berbentuk narasi maupun dialog. Sumber data penelitian berasal dari novel Saving Ludo karya Ziggy Zesyazeozeoviennazabrizkie. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik baca, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan simpulan.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, fakta cerita pada novel Saving Ludo karya Ziggy Zesyazeozeoviennazabrizkie terdiri dari tokoh, latar, dan alur. Melalui tokoh yang dihadirkan pengarang di dalam cerita, anak dapat mengambil contoh perilaku yang baik untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari yaitu tokoh Theo, Ludo, Marry Ann, Frances dan Suster Edith. Kedua nilai moral yang terdapat pada tokoh-tokoh yang dihadirkan ialah jujur, menjadi diri sendiri, berani bertanggung jawab, kemandirian, keberanian moral, dan kritis. Tokoh yang memiliki perilaku yang tidak baik untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari yaitu tokoh George dan Alice. Contoh perilaku yang buruk yang dihadirkan ialah jahat, licik, buruk, berbahaya, suka mencari masalah, dan suka mengejek. Novel Saving Ludo karya Ziggy Zesyazeozeoviennazabrizkie menghadirkan cerita yang masih di dalam jangkauan pemahaman dunia anak. Novel ini hadir dan layak dibaca oleh anak pada usia 10-13 tahun (Remaja Adolesens) karena menurut pendapat pakar psikologi mengenai karakteristik anak pada kelompok usia tertentu pada usia tersebut anak mempunyai citarasa keadilan dan rasa peduli terhadap orang lain.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Nilai Moral Tokoh Utama dalam Novel Saving Ludo Karya Ziggy Zesyazeozeoviennazabrizkie: Kajian Sastra Anak
Pengarang Putri Yunita Sari - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PUT n 2022
Subyek novel, nilai moral, sastra anak
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua