EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH SECARA DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI KELAS X BAHASA SMAN 4 SAMARINDA
Pembelajaran sejarah secara daring dengan menggunakan media Google Classroom. Google Classroom memudahkan siswa dan guru agar tetap terhubung, baik dalam maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran sejarah menggunakan google classroom dan efektivitas pembelajaran sejarah menggunakan google classroom. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Samarinda. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menujukkan bahwa proses pembelajaran sejarah secara daring dengan menggunakan media google classroom tidak berbeda jauh dengan pembelajaran yang dilaksanakan secara luring tetapi hanya dibedakan oleh situasi, kondisi dan media yang digunakan saja. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan cara mengucapkan salam, memotivasi siswa, membagikan daftar hadir, membagikan link materi dan link tugas.Penggunaan media google classroom pada pembelajaran sejarah secara daring sudah efektif terlihat dari indikator efektivitas yang telah di tentukan oleh peneliti sudah tercapai sebagai berikut: a) Tercapainya tujuan intruksional pembelajaran yang ada pada indikator pembelajaran terlihat dari lembar kerja yang dibagikan oleh guru melalui google classroom, b) Sejauh mana siswa siap menerima pembelajaran dengan baik, c) Cara guru memberikan motivasi dan siswa dapat menerima motivasi tersebut, d) Guru menyusun materi pembelajaran dengan baik dan sesuai untuk disampaikan kepada siswa guna untuk mencapai tujuan pembelajaran, e) Terjalinnya komunikasi yang efektif antara guru dengan peserta didik, f) guru menyampaikan tugas tepat waktu dan siswa mengumpulkan tugasnya tepat waktu, g) hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH SECARA DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI KELAS X BAHASA SMAN 4 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | AYU ANGGRAENI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AYU e 2022 |
Subyek | Efektivitas Pembelajaran Sejarah Google Classroom, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN SEJARAH |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY