Detail Cantuman Kembali
Akhmad Fauzi Maulana - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN TEMA 7 SUBTEMA 1 DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VC SDN 008 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelasVC SDN 008 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022 tidak mencapainilai KKM yaitu ≤75. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimanameningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Tema 7 Subtema 1 Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VCSDN 008 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran2021/2022”. Tujuan penelitian iniuntuk meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Kebangsaan MasaPenjajahan Tema 7 Subtema 1 Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Vc SDN 008 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022”.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Prosedur
dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VC SDN 008 Sungai Kunjang yang berjumlah 26 orang siswa dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan dengan model
pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada
penelitian ini menggunakan rata-rata, presentase dan grafik. Dari hasil penelitian dan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan dengan model
pembelajaran Problem Based Learing pada siswa kelas VC SDN 008 Sungai Kunjang mengalami peningkatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar dari prasiklus sebesar 64,38 dengan persentase siswa tuntas 34,61% menjadi 75 pada siklus I dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 16,49% dan presentase siswa yang tuntas 61,53%. Pada siklus II nilai ratarata menjadi 84,34 dengan persentase peningkatan hasil belajar dari pra siklus sebesar 31% dan persentase siswa tuntas 84,61%. Sehingga persentase ketuntasan pada siklus II telah mencapai indokator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75% dari jumlah siswa di kelas dengan nilai KKM ≥ 75.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN TEMA 7 SUBTEMA 1 DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VC SDN 008 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Pengarang Akhmad Fauzi Maulana - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AFM 2022
Subyek Problem Based Learning
Hasil belajar IPS,
Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua